
Jakarta, yang dulu disebut Batavia, khusus nya di wilayah benteng kota dan sekitar nya, memang telah menulis kisah yang panjang, baik yang berupa sejarah, fakta, ataupun kisah-kisah lain nya yang saat ini membentuk sebuah suku serta budaya kesatuan, yang disebut Betawi. Ya, Betawi adalah simbol nyata dari wujudnya pengamalan ke Bhineka an. Foto diatas adalah gambaran keadaan sisa-sisa tembok sisi timur benteng Batavia, yang letaknya disekitar jalan Tongkol, Jakarta Utara. Tembok yang dibangun sekitar tahun 1620 and hingga 1650 tersebut tentu nya jika ia bisa berkisah, akan berkisah tiada henti tentang keadaan alam serta masyarakat Batavia masa tersebut
“Mpok, nasi uduknye atu buat abang kite yang telat datengnye nih”, kata Ji’ih. Ji’ih memang lagi semangat-semangatnya nimba ilmu. Di sela-sela waktu senggang nya setelah dagang ikan di Pasar Ikan, dia selalu rajin mengunjungi siapapun yang ia bisa timba ilmu nya, termasuk dari mat Codet ini. Pagi ini dia datang agak siangan. “Makasih bang”, kata mat Codet sambil mengambil posisi duduk dekat Ji’ih.
“Lah ini kopi sape?”, kata mat Codet. “Itu buat abang, ude aye siapin, tenang aje”, kata Ji’ih sambil menyeruput kopi panas nya. Masyarat Betawi memang mempunyai kekhasan yang sampai sekarang masih belum luntur, mereka tidak suka suasana yang formal dalam kehidupan bermasyarakat. Berbeda dengan tradisi Jawa, yang biasa hidup dalam tradisi hirarki sosial, masyarakat Betawi tidak seperti itu. Pimpinan tidak berusaha menjaga wibawa nya ditengah anak buah nya, mereka membaur duduk sama rendah berdiri sama tinggi
“Lanjutin bang, yang kemaren, syaratnye biar disebut pribumi pendatang itu bijimane?”, kata Ji’ih. Ia gunakan istilah yang ngetop di forum Kaskus – bijimane
“Jadi begini bang, menurut guru aye kong haji Salim, pribumi asli itu tugasnye kasi tempat, kasi bantuan pertolongan ame sape aje yang ingin numpang hidup di wilayahnye. Makanye, dijaman nabi disebutnye kaum anshor, artinya penolong“, kata mat Codet. “Lanjut bang, aye nyimak”, kata Ji’ih
“Orangtua kite dulu, kalo lu masi inget, pan mereka selalu gitu bang, tiap ada musafir kemaleman, mau numpang nginep, pasti dibantu pan? dikasi tempat nginep, dikasi makan, minum bareng ame tuan rume. Bahkan dulu katanye, didepan rume kadang ada gentong isi nye aer seger, buat ngebantu musafir yang ke ausan di jalan, tul ga bang?”, kata mat Codet. “bet..tuul, bang”, tukas Ji’ih bari nyedot rokok lintingan nya
“Nah kalo pribumi pendatang, setelah die ditolong ame pribumi asli, dibantu biar die punye pijakan tinggal, pijakan hidup disitu, ya kudu tau terima-kasih, die kudu mau ikut menjaga, memelihara, membangun lingkungan alam, ame lingkungan manusia disitu bang”, kata mat Codet. Dan nanti pribumi asli yang menilai, die itu pantes ga diaku sebagai pribumi juge. Kalo kata pribumi asli, orang itu bikin kampung makin tentrem, tentu aje diaku. Kaya babeh aye, pendatang dari Banten, akhirnye pan diaku jadi pribumi, kerna babeh aye ikut ngasi manpaat besar kepade warge ame alam disitu”, kata mat Codet
“Oh gitu ya bang, jadi ibarat kate, pribumi asli itu kalo dalam ajaran falsafah Bhinneka Tunggal Ika, sebagai yoni, tugas nya menolong pendatang, kerna yoni pan yang punye wilayah ya bang?, nah kalo pendatang itu ibarat kate lingga nye, dia dateng bukan buat numpang hidup doang, tapi dateng kerna mau ikut membangun alam manusia, alam lingkungan disitu, tul ga bang?”, kata Ji’ih
“Bet..tuul bang. Ya ude aye pamitan dulu, si Babah minta dianter ke Pancoran pagi ini, makasi ye traktiran nye”, kata mat Codet bari salaman, dan bangun beranjak meninggalkan Ji’ih
Be the first to comment